Langsung ke konten utama

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik


Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik
Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air.



Jual Bibit Entok Gresik


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik


Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bisa menghasilkan lebih banyak daging dibandingkan bebek petelur ataupun ayam kampung. lebih pada mentok jantan yg ukuran tubuhnya bisa raih hingga 3-4 kali ukuran badan mentok betina.

Keunggulan Budidaya Mentok daripada Unggas berbeda

Beternak mentok tentu akan membuahkan hasil yg lebih optimal jika kita mengerjakan cara budidaya mentok lewat cara sungguh-sungguh. Keunggulan beternak entok diantaranya adalah :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok miliki Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok bermacam dan Mudah Didapat
Teknik Budidaya Lebih simpel
Harga Jual Yang Tinggi

Di pedesaan, biasanya petani menternak mentok dengan tradisional dan belum dijalankan cara membudidayakan mentok secara sungguh-sungguh sehingga akhirnya juga belum juga maksimum. Beternak mentok tentu tidak serupa dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
Teknik Budidaya Mentok dengan Intensif
untuk bisa dapatkan hasil maksimal dari beternak mentok, jadi seharusnya anda menyadari langkah budidaya mentok dengan sungguh-sungguh lebih dahulu.

1. Membuat Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum siapkan mentoknya, pasti kita mesti membuat kandang mentok lebih dahulu. Kandang mentok bisa anda bikin secara panggung atau beralaskan tanah langsung. prasyarat kandang mentok yg baik :

punyai ventilasi udara yang bagus
mendapat cukup sinar matahari saat siang
Memiliki lampu penerangan sekaligus untuk penghangat
Terlindung dari hujan
gampang dibersihkan
Dekat dengan kolam atau perairan buat mandi
Saat bikin kandang yang tidak panggung, karena itu buat agar alas tanah di dasar kandang tambah tinggi dibanding dengan permukaan tanah di luar kandang. Hal ini agar air hujan tidak menggenang atau masuk dalam kandang. Anda bisa membuat ventilasi disekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. anda pun bia memberikannya dikit atap kaca (tembus cahaya) di sisi tengah atap agar sinar matahari masuk ke dalam kandang kala siang hari.

2. Siapkan Kolam Pemandian buat Mentok
Binatang mentok ini memang sangat senang mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dan lain-lain. buat anda yg mempunyai area didekat dengan perairan seperti yang dikatakan karena itu anda tidak perlu repot membuat kolam.

tetapi buat yg jauh dari perairan jadi anda dapat bikin kolam dekat dengan tempat kandang. metodenya yakni dengan menggali lubang dengan ukuran kurang lebih 2 x 1 mtr. dengan kedalaman 30-50 cm. kasih alas kolam dengan terpal atau plastik lantas isi dengan air.

Anda dapat juga bikin kolam yang semakin besar apabila akan menternak mentok dalam jumlahnya semakin banyak. Kolamnya juga tidak mesti sama dengan kolam ikan seperti pada budidaya ikan lele.

3. Bikin Pagar disekitar Kandang
Maksud pembuatan pagar disekeliling kandang ini adalah untuk memudahkan pemantauan kegiatan mentok dan menghambat hilangnya mentok. apabila anda bikin kolam sendiri didekat kandang, maka pagari juga kolam jadi satu dengan kandang.

Ini akan menghambat mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, dan dimangsa predator diluar kandang. Gunakan pagar kelambu atau waring (mirip kelambu).

4. Mensterilkan Kandang serta Kolam
Untuk mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda dapat menyemprot kandang dengan desinfektan. sedang buat mensterilkan kolam, anda dapat gunakan EM4 untuk kolam secara menyiram kolam dengan EM4. Ini akan menghimpit laju perubahan bakteri patogen di air kolam.

5. siapkan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok bisa anda dapatkan dari peternak mentok yang jual bibit peranaakan mento atau bisa juga anda capai lewat cara penetasan sendiri. untuk penetasannya, jadi anda harus memperoleh banyak telur mentok dari peternak mentok untuk selanjutnya ditetaskan dengan inkubator agar semua telur menetas berbarengan.

sehabis diterima peranakan mentok karena itu letakkan mentok dalam kandang akan tetapi dihimpun dulu di sekitar lampu peghangat dan dipagari dengan pembatas sementara.

selalu kasih pakan sampai berumur 3 – 5 DOD (day of duck) baru bisa dilepaskan keluar kandang untuk berenang dikolam serta lebih kurang kandang (terus dalam pagar kelambu). seterusnya maka seterusnya anda mesti kerjakan perawatan teratur pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Buat pemberian pakan pada mentok ini, banyak semestinya mesti mengikuti pertambahan umur mentok. yang perlu anda perhatikan yaitu konstruksi pakannya.

supaya mentok cepat tumbuh besar, karena itu mengupayakan agar pakan yang ada beri kaya akan kandungan protein. trik gampangnya yaitu memanfaatkan pur (pelet). Namun tentu ini akan memerlukan banyak ongkos.

Anda masih tetap bisa bikin pakan alternatif di bawah ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
Komposisi :

Air (secukupnya)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
bekas sayuran / sisa buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (secukupnya)

Teknik membuat Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan diatas (anda dapat menentukan opsional bahan yang paling gampang anda capai).
Campur bahan-bahan di atas dalam wadah ember atau bak atau jika semakin besar anda dapat memanfaatkan terpal
perlu diingat siram EM3 dan aduk rata buat menguraikan semua bahan diatas.
Tutup adonan ransum itu dengan rapat lantas diamkan lebih kurang 2 minggu aar terurai sempurna
Setelah 2 minggu maka keluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang sampai kering
sekarang ransum siap digunakan
sistem yang lain yaitu dengan pakan cepat saji ialah gabungan 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional lainnya), 15% sisa sayuran (opsional lainnya) serta 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air terus kasih pada mentok.

7. Ukuran Dosis Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan dari pertama hingga akhir panen anda terus memberikannya 3x satu hari. untuk ukuran kuantitas pakan yang dikasihkan, karena itu anda ikuti umur mentok itu sendiri. Anda butuh menaikkan jumlah pakan setiap minggu atau bahkan 5 hari sekali.

Setiap 5 -7 hari anda bisa mengganti jumlah pakan dengan meningkatkan lebih kurang 50 – 70% dari banyaknya pakan minggu sebelumnya. Dan janganlah lupa untuk minumnya, anda pun sediakan bertepatan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin serta Antibiotik
Vitamin serta antibiotik ini penting buat meningkatkan daya tahan badan mentok dan memercepat pertumbuhan dan perubahan badan mentok. untuk vitamin serta antibiotik, anda bisa membelinya di toko pertanian setempat.

Atau bila anda mendambakan antibiotik serta vitamin alami, maka anda dapat membuatkan jus buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan seterusnya) serta air rebusan parutan jahe dan kunir (temulawak) yg lalu disaring. Pemberian antibiotik serta vitamin ini dijalankan seputar 2 hari sekali melalui langkah digabung pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Terpenting buat rutin bersihkan kandang supaya kebersihan serta kesehatan kandang terjaga. soal ini bakal menekan perkembangan virus bakteri patogen penyebab penyakit. Bersihkan pun perlengkapan budidaya yang anda gunakan seperti wadah pakan, wadah minuman, dll. Air pada kolam juga mesti anda ganti paling lama 10 hari sekali.

sehabis dijalankan pembersihan jadi anda dapat menyemprotkan desinfektan atau air detergen yg sanggup membunuh virus serta bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan harus diselang-seling gunakan bahan aktif yang berlainan. umpama 3 kali sekali diganti type desinfektannya biar virus tak menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Meski mentok termasuk tahan penyakit, tapi virus ternyata bisa berevolusi dengan sangat cepat misalnya virus flu burung yang mula-mula H5N1 dengan seiring berjalan waktu berevolusi berubah menjadi H5N5 sehingga hewan yg awalnya udah kebal mesti siap-siap untuk bertahan dari serangan virus baru tersebut . Yang bisa kita kerjakan yaitu perbuatan mencegahan dan penyembuhan jika terjadi gejala serangan penyakit.

sepatutnya unggas yang lain, entok ini juga miliki banyak rincian penyekit, yg mana ada yg mematikan atau semata-mata mengganggu kesehatan dan pertumbuhan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dan lain-lain.

Anda tak bisa memandang rmeh penyakit-penyakit ini sebab bisa mematikan mentok sehingga hasil panen menurun. Mentok yg paling rentan terserag penyakit ialah mentok muda, lantaran ketahanan tubuhnya belum pula terbaik. Oleh karenanya beri tindakan mencegahan dengan memberikan multivitamin serta antibiotik secara teratur. menjaga ikut kebersihan lingkungan kandang dengan teratur. Jika diperlukan, maka anda dapat memberikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

Jika ditemukan unggas yg sakit, karena itu anda mesti lekas mengkarantinanya hingga penyakitnya tak lekas menjangkiti mentok yang lain. Anda dapat memberi langkah penyembuhan memakai obat unggas yang diual di toko pertanian sama dengan penyakit dan gejala yang disebabkan. bila nyata-nyatanya mentok gagal diobati serta mati karena itu selekasnya simpan bangkainya. Anda harus juga lekas menyemprot area kandang dan ruang karantina memanfaatkan desinfektan.

11. Panen Mentok
Jika anda ikuti langkah diatas, karena itu entok juga bakal tumbuh dengan sangat cepat hingga bisa dipanen pada umur 4,5 bulan. Inilah umur baik buat memanen mentok lantaran masih cukuplah muda maka dagingnya pun kelak akan tetap empuk serta enak.

kalau terus dilewatkan sampai umur lebih dari 5 bulan, jadi mentok telah siap kawin dan jadikan indukan selanjutnya. Daging mentok ini semakin banyak ketimbang daging ayam kampung hingga harga jual per ekornya semestinya tambah lebih mahal.

mengusahakan agar supaya memisahkan bibit unggul untuk dijadikan peranakan ialah yang mempunyai ukuran tubuh terpilih untuk dipisahkan dan selanjutnya dikawinkan supaya mendapatkan keturunan unggulan.

12. Persiapan waktu Panen Mentok
Anda harus segera bersihkan dan mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan setelah anda usai memanen mentok. apabila anda membibit mentok dengan tetasan inkubator, maka anda mesti segera menginkubator telur baru saat panen biar kelak saat udah menetas bisa segera anda isi ke kandang lagi.

itu pedoman cara budidaya mentok lewat cara intensif yg hrus anda kenali sebelum memulai upaya ternak mentok lewat cara intensif.

sehabis anda membaca metode budidaya mentok dengan cara sungguh-sungguh kami juga memberi tips sukses budidaya mentok bagi anda yg ingin beternak mentok supaya hasilnya lebih optimal. tersebut disini teknik kesuksesan :

Pilihlah telur (DOD) mentok yang berasal dari mentok yang sehat dan bertubuh besar. Anda dapat menyaksikan indukan dan pejantan yang mengawininya buat meyakinkan bibit mentok yng didapat
Peliharalah hanya mentok jantan yg miliki ukuran badan lebih besar ketimbang mentok betina. Anda dapat menyeleksinya ketika kecil atau berumur kira-kira satu bulan
Pada usia kurang pada 2 – 3 bulan karena itu anda sebaiknya merotasi bahan pakan yang digunakan dan mengusahakan agar diperbanyak kandungan proteinnya dikarenakan waktu itu perkembangan berjalan sangat kencang.
Anda dapat memakai cacing tanah untuk gabungan pakan. Untuk itu anda mesti memahami terlebih dulu cara budidaya cacing tanah

Untuk menghemat cost pakan, karena itu anda dapat menanam sendiri sayuran yg ringan ditanam seperti kangkung serta bayam. semestinya anda mengerti lebih dahulu langkah menanam bayam serta cara menanam kangkung.
Jual mentok pada saat mendekati Hari Raya Idul Fitri supaya beroleh harga yang sangat tinggi
Demikianlah kabar berkenaan langkah budidaya mentok lewat cara intens dari kami. Kami mengharap selesai anda membaca artikel panduan metode budidaya mentok dengan cara intens ini, jadi anda dapat membudidayakan mentok dengan terbaik sehingga mendapatkan untung besar. Anda mungkin juga tertarik untuk memahami trik membudidayakan ikan nila serta langkah membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Jual Bibit Entok Gresik




Jual Bibit Entok Gresik


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air. Jual Anak Entok Kudus Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena i

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Penjual Dod Entok Karawang Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu m