Langsung ke konten utama

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus


Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan
Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air.



Jual Anak Entok Kudus


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus


Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena itu mentok dapat menghasilkan lebih banyak daging dibanding bebek petelur ataupun ayam kampung. lebih pada mentok jantan yg ukuran tubuhnya bisa menggapai hingga 3-4 kali ukuran tubuh mentok betina.

Keunggulan Budidaya Mentok Ketimbang Unggas lainnya

Beternak mentok pasti akan membuahkan hasil yang lebih terbaik apabila kita kerjakan cara budidaya mentok dengan sungguh-sungguh. Keunggulan beternak entok diantaranya ialah :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok mempunyai Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok Beragam dan ringan Didapat
Teknik Budidaya Lebih ringan
Harga Jual Yang Tinggi

Di pedesaan, biasanya petani menternak mentok dengan tradisionil serta belumlah dilakukan trik membudidayakan mentok dengan cara sungguh-sungguh hingga akhirnya pun belum juga maksimum. Beternak mentok pasti tidak serupa dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
tehnik Budidaya Mentok Secara sungguh-sungguh
Untuk dapat mendapat hasil optimal dari beternak mentok, jadi anda seharusnya sadari metode budidaya mentok lewat cara mendalam terlebih dulu.

1. Bikin Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum siapkan mentoknya, pasti kita harus membuat kandang mentok terlebih dulu. Kandang mentok dapat anda bikin secara panggung maupun beralaskan tanah langsung. ketentuan kandang mentok yg baik :

punyai ventilasi hawa yang bagus
Mendapatkan cukup cahaya matahari sewaktu siang
mempunyai lampu penerangan juga sekaligus untuk penghangat
Terlindung dari hujan
simpel dibersihkan
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
kala membuat kandang yang tdk panggung, jadi bikin biar alas tanah di basic kandang lebih tinggi ketimbang permukaan tanah diluar kandang. soal ini supaya air hujan tidak menggenang atau masuk ke dalam kandang. Anda bisa membuat ventilasi disekitar kandang dengan kandang menghadap ke timur. Anda juga bia memberi sedikit atap kaca (tembus sinar) pada sisi tengah atap supaya cahaya matahari masuk ke dalam kandang kala siang hari.

2. Menyediakan Kolam Pemandian Untuk Mentok
Binatang mentok ini benar-benar sangat suka mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dan lain-lain. buat anda yang punyai tempat didekat dengan perairan seperti yang dikatakan maka anda tak perlu repot bikin kolam.

tetapi untuk yg jauh dari perairan maka anda dapat membikinkan kolam dekat dengan tempat kandang. Caranya yaitu dengan menggali lubang dengan ukuran kira-kira 2 x 1 mtr. dengan kedalaman 30-50 cm. berikan alas kolam dengan terpal atau plastik lantas isi dengan air.

Anda bisa pula membuat kolam yang tambah besar kalau ingin menternak mentok dalam jumlahnya semakin banyak. Kolamnya tidak juga harus sama seperti kolam ikan serupa pada budidaya ikan lele.

3. Membuat Pagar Disekeliling Kandang
Maksud pembuatan pagar di sekitar kandang ini ialah buat mempermudah pemantauan kesibukan mentok dan mencegah hilangnya mentok. Jika anda membuat kolam sendiri didekat kandang, jadi pagari juga kolam berubah menjadi satu dengan kandang.

Ini dapat menghambat mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, dan dimangsa predator di luar kandang. Gunakan pagar kelambu atau waring (serupa kelambu).

4. Mensterilkan Kandang dan Kolam
Untuk mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda bisa menyemprot kandang dengan desinfektan. Sedangkan untuk mensterilkan kolam, anda bisa menggunakan EM4 untuk kolam dengan cara menyiram kolam dengan EM4. Ini akan menekan laju perkembangan bakteri patogen dalam air kolam.

5. menyediakan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok bisa anda raih dari peternak mentok yang menjual bibit peranaakan mento atau bisa juga anda capai melalui langkah penetasan sendiri. untuk penetasannya, jadi anda harus mendapat banyak telur mentok dari peternak mentok buat lantas ditetaskan dengan inkubator supaya semua telur menetas bersamaan.

sesudah didapatkan peranakan mentok karena itu tempatkan mentok dalam kandang tapi dikumpulkan dulu di sekitar lampu peghangat serta dipagari dengan pembatas sementara.

Terus berikan pakan hingga berusia 3 – 5 DOD (day of duck) baru dapat dilepaskan keluar kandang buat berenang dikolam serta kira-kira kandang (terus dalam pagar kelambu). kemudian maka lalu anda harus melakukan perawatan rutin pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Untuk pemberian pakan pada mentok ini, banyak tentu harus mengikuti bertambahnya usia mentok. yang perlu anda perhatikan yakni konstruksi pakannya.

Agar mentok cepat tumbuh besar, maka upayakan pakan yg ada beri kaya kandungan protein. metode gampangnya ialah gunakan pur (pelet). akan tetapi pastinya ini akan butuh banyak cost.

Anda masih tetap dapat bikin pakan alternatif di bawah ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
konstruksi :

Air (seperlunya)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
Sisa sayuran / sisa buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (secukupnya)

Langkah Membuat Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan di atas (anda dapat menentukan opsional bahan yang termudah anda raih).
Campur beberapa bahan di atas dalam wadah ember atau bak atau bila tambah besar anda dapat menggunakan terpal
perlu diingat siram EM3 dan aduk rata untuk menguraikan semua bahan diatas.
Tutup adonan ransum tersebut dengan rapat lalu diamkan sekitar 2 minggu aar terurai sempurna
Setelah 2 minggu karena itu keluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang sampai kering
Kini ransum siap diperlukan
cara lainnya yakni dengan pakan cepat saji ialah kombinasi 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional lainnya), 15% bekas sayuran (opsional lainnya) dan 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air terus beri pada mentok.

7. Ukuran Dosis Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan dari mula sampai akhir panen anda terus memberinya 3x sehari. buat ukuran jumlah pakan yg diberikan, jadi anda ikuti usia mentok itu sendiri. Anda butuh meningkatkan jumlah pakan tiap-tiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

Setiap 5 -7 hari anda dapat mengganti jumlah pakan dengan meningkatkan kurang lebih 50 – 70% dari jumlah pakan minggu awal mulanya. serta perlu diingat buat minumnya, anda pun sajikan bersamaan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin serta Antibiotik
Vitamin dan antibiotik ini khusus untuk tingkatkan daya tahan tubuh mentok serta memercepat perkembangan dan perubahan badan mentok. buat vitamin serta antibiotik, anda bisa membelinya di toko pertanian ditempat.

Atau jika anda ingin antibiotik dan vitamin alami, jadi anda bisa bikin jus buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan lain-lain) serta air rebusan parutan jahe dan kunir (temulawak) yg kemudian disaring. Pemberian antibiotik serta vitamin ini dijalankan sekitar 2 hari sekali lewat cara di campur pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Penting buat rutin membersihkan kandang agar kebersihan dan kesehatan kandang terbangun. perihal ini dapat menghimpit perubahan virus bakteri patogen penyebab penyakit. membersihkan juga perlengkapan budidaya yang anda pakai seperti wadah pakan, wadah minuman, dan lain-lain. Air pada kolam juga mesti anda ganti paling lama 10 hari sekali.

Setelah dilaksanakan pembersihan jadi anda bisa menyemprotkan desinfektan atau air detergen yang mampu membunuh virus serta bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan mesti diselang-seling gunakan bahan aktif yg tidak sama. umpama 3 kali sekali diganti jenis desinfektannya agar virus tidak menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Biarpun mentok tergolong tahan penyakit, namun virus nyata-nyatanya mampu berevolusi dengan cepat sekali contohnya virus flu burung yg sebelumnya H5N1 dengan seiring bersamanya waktu berevolusi menjadi H5N5 sehingga hewan yang sebelumnya sudah kebal harus bersiap untuk bertahan dari serangan virus baru tersebut . Yang bisa kita lakukan adalah perbuatan mencegahan dan penyembuhan jika berlangsung gejala serangan penyakit.

Selayaknya unggas yang lain, entok ini pun mempunyai banyak jadwal penyekit, yg manakah ada yang mematikan atau cuma sekedar mengganggu kesehatan dan pertumbuhan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dsb.

Anda tak bisa memandang rmeh penyakit-penyakit ini lantaran dapat mematikan mentok hingga hasil panen mengalami penurunan. Mentok yang sangat mudah terserag penyakit adalah mentok muda, lantaran ketahanan tubuhnya belumlah maksimal. Oleh karena itu kasih perbuatan mencegah dengan memberikan multivitamin serta antibiotik dengan teratur. menjaga pun kebersihan lingkungan kandang dengan teratur. kalau diperlukan, jadi anda dapat memberikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

bila diketemukan unggas yg sakit, karena itu anda mesti selekasnya mengkarantinanya hingga penyakitnya tak segera menjangkiti mentok yang berbeda. Anda dapat berikan langkah pengobatan menggunakan obat unggas yang diual di toko pertanian sesuai penyakit dan gejala yg diakibatkan. apabila nyatanya mentok tidak sukses diobati serta mati karena itu segera kubur bangkainya. Anda harus juga selekasnya menyemprot area kandang serta ruangan karantina menggunakan desinfektan.

11. Panen Mentok
Jika anda mengikuti langkah diatas, jadi entok bakal juga tumbuh dengan pesat sehingga bisa dipanen pada umur 4,5 bulan. berikut ini umur ideal untuk memanen mentok lantaran masih cukuplah muda jadi dagingnya juga kelak dapat masih tetap empuk serta enak.

apabila selalu dibiarkan hingga umur lebih dari 5 bulan, jadi mentok telah siap kawin serta dijadikan indukan selanjutnya. Daging mentok ini tambah banyak ketimbang daging ayam kampung sehingga harga jual per ekornya tentu tambah lebih mahal.

Usahakan biar memisahkan bibit unggul untuk dijadikan peranakan ialah yang memiliki ukuran tubuh terbaik untuk dipisahkan dan selanjutnya dikawinkan supaya memperoleh keturunan unggulan.

12. Persiapan Pasca Panen Mentok
Anda harus lekas bersihkan serta mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan sesudah anda usai memanen mentok. kalau anda membibit mentok dengan tetasan inkubator, karena itu anda mesti selekasnya menginkubator telur baru saat panen agar nanti saat sudah menetas bisa segera anda isi ke kandang kembali.

tersebut pedoman trik budidaya mentok dengan intensif yang hrus anda pahami sebelum mengawali usaha ternak mentok secara mendalam.

selesai anda membaca metode budidaya mentok dengan intens kami akan juga memberikan tips sukses budidaya mentok buat anda yang ingin beternak mentok supaya akhirnya lebih maksimum. tersebut disini tehnik keberhasilan :

tentukan telur (DOD) mentok yg berasal dari mentok yang sehat serta bertubuh besar. Anda bisa memandang indukan dan pejantan yang mengawininya untuk pastikan bibit mentok yng diperoleh
Peliharalah hanya mentok jantan yang memiliki ukuran tubuh tambah besar dibanding dengan mentok betina. Anda bisa menyeleksinya saat kecil atau berusia sekitar satu bulan
Pada usia kurang pada 2 – 3 bulan maka anda sebaiknya merotasi bahan pakan yg dimanfaatkan dan usahain diperbanyak kandungan proteinnya lantaran saat itu perkembangan berjalan cepat sekali.
Anda dapat memakai cacing tanah buat paduan pakan. karena itu anda mesti mengerti lebih dahulu langkah budidaya cacing tanah

Buat mengirit cost pakan, jadi anda bisa menanam sendiri sayuran yang gampang ditanam seperti kangkung dan bayam. anda sebaiknya mengerti terlebih dulu trik menanam bayam dan teknik menanam kangkung.
Jual mentok pada saat saat Hari Raya Idul Fitri supaya memperoleh harga yang sangat tinggi
Demikianlah info perihal cara budidaya mentok dengan cara sungguh-sungguh dari kami. Kami mengharap setelah anda membaca artikel petunjuk teknik budidaya mentok dengan cara intens ini, karena itu anda bisa membudidayakan mentok dengan cara optimal sehingga dapatkan untung besar. Anda mungkin juga tertarik untuk paham metode membudidayakan ikan nila dan cara membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Jual Anak Entok Kudus




Jual Anak Entok Kudus


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Jual Bibit Entok Gresik Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bi

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Penjual Dod Entok Karawang Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu m