Langsung ke konten utama

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang


Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips
Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air.



Penjual Dod Entok Karawang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang


Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu mentok bisa membuahkan lebih banyak daging ketimbang bebek petelur maupun ayam kampung. Terlebih pada mentok jantan yang ukuran tubuhnya dapat sampai hingga 3-4 kali ukuran tubuh mentok betina.

Kelebihan Budidaya Mentok dari pada Unggas beda

Beternak mentok semestinya bakal membuahkan hasil yang lebih optimal apabila kita mengerjakan cara budidaya mentok secara sungguh-sungguh. kelebihan beternak entok salah satunya adalah :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok miliki Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok beraneka serta gampang diterima
Teknik Budidaya Lebih gampang
Harga Jual Yang Tinggi

Di pedesaan, kebanyakan petani menternak mentok dengan tradisional serta belumlah dijalankan metode membudidayakan mentok secara sungguh-sungguh sehingga akhirnya juga belum juga terbaik. Beternak mentok tentu berlainan dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
tehnik Budidaya Mentok dengan cara Intensif
Untuk dapat mendapat hasil optimal dari beternak mentok, karena itu anda sebaiknya sadari langkah budidaya mentok dengan intensif terlebih dahulu.

1. Membuat Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum menyediakan mentoknya, pasti kita mesti bikin kandang mentok terlebih dahulu. Kandang mentok bisa anda buat secara panggung ataupun beralaskan tanah langsung. prasyarat kandang mentok yang baik :

Memiliki ventilasi hawa yang bagus
Mendapatkan cukuplah sinar matahari saat siang
punyai lampu penerangan sekalian buat penghangat
Terlindung dari hujan
gampang dibuat bersih
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
Saat membuat kandang yang tak panggung, jadi buatlah supaya alas tanah di dasar kandang lebih tinggi daripada permukaan tanah di luar kandang. soal ini agar air hujan tak menggenang atau masuk ke dalam kandang. Anda bisa membuat ventilasi disekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. Anda juga bia memberi sedikit atap kaca (tembus sinar) pada bagian tengah atap agar cahaya matahari masuk kedalam kandang waktu siang hari.

2. Menyediakan Kolam Pemandian Untuk Mentok
Binatang mentok ini sangatlah sukai mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dll. Bagi anda yang miliki lokasi didekat dengan perairan seperti yg disebutkan maka anda tidak perlu repot-repot bikin kolam.

tapi bagi yg jauh dari perairan maka anda dapat membuatkan kolam dekat dengan area kandang. Caranya ialah dengan menggali lubang dengan ukuran kira-kira 2 x 1 meter dengan kedalaman 30-50 cm. Beri alas kolam dengan terpal atau plastik lantas isi dengan air.

Anda juga dapat bikin kolam yang tambah besar bila hendak menternak mentok dalam banyaknya tambah banyak. Kolamnya tidak juga mesti sama dengan kolam ikan sebagaimana pada budidaya ikan lele.

3. Membuat Pagar di sekitar Kandang
Tujuan pembuatan pagar di sekeliling kandang ini yakni untuk mempermudah pemantauan kegiatan mentok dan menghindar hilangnya mentok. kalau anda membuat kolam sendiri didekat kandang, maka pagari pun kolam berubah menjadi satu dengan kandang.

Ini akan menahan mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, serta dimangsa predator di luar kandang. Gunakan pagar kelambu atau waring (serupa kelambu).

4. Mensterilkan Kandang dan Kolam
Buat mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda bisa menyemprot kandang dengan desinfektan. Sedangkan untuk mensterilkan kolam, anda bisa gunakan EM4 untuk kolam dengan cara menyiram kolam dengan EM4. Ini bakal menekan laju perkembangan bakteri patogen di air kolam.

5. menyediakan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok bisa anda capai dari peternak mentok yg jual bibit peranaakan mento atau bisa pula anda peroleh lewat cara penetasan sendiri. untuk penetasannya, maka anda harus dapatkan banyak telur mentok dari peternak mentok buat kemudian ditetaskan dengan inkubator supaya semua telur menetas bertepatan.

sesudah diterima peranakan mentok karena itu tempatkan mentok dalam kandang tapi dikumpulkan dahulu di sekitar lampu peghangat serta dipagari dengan pembatas sementara.

senantiasa beri pakan sampai berusia 3 – 5 DOD (day of duck) baru bisa dilepaskan keluar kandang buat berenang dikolam dan kurang lebih kandang (konsisten dalam pagar kelambu). Setelah itu jadi setelah itu anda mesti melakukan perawatan teratur pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Untuk pemberian pakan pada mentok ini, banyak pasti harus ikuti bertambahnya usia mentok. yang perlu anda perhatikan yakni formasi pakannya.

biar mentok cepat tumbuh besar, jadi usahain pakan yg ada kasih kaya akan kandungan protein. langkah gampangnya ialah memakai pur (pelet). tapi tentulah ini dapat perlu banyak biaya.

Anda tetap dapat membuat pakan pilihan berikut ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
formasi :

Air (sesuai kebutuhan)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
Sisa sayuran / bekas buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (secukupnya)

Teknik membuat Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan diatas (anda dapat pilih opsional bahan yang paling mudah anda dapatkan).
Campur bahan-bahan di atas dalam wadah ember atau bak atau bila semakin besar anda dapat menggunakan terpal
ingat siram EM3 serta aduk sama rata untuk menguraikan semua bahan diatas.
Tutup adonan ransum tersebut dengan rapat terus diamkan kira-kira 2 minggu aar terurai sempurna
selesai 2 minggu maka keluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang hingga kering
saat ini ransum siap dipakai
sistim yang lain yakni dengan pakan cepat saji yaitu gabungan 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional yang lain), 15% bekas sayuran (opsional lainnya) dan 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air lantas kasih pada mentok.

7. Takaran Dosis Pemberian Pakan
Buat pemberian pakan dari mula sampai akhir panen anda konsisten memberikan 3x satu hari. buat takaran kuantitas pakan yg diberikan, jadi anda ikuti umur mentok itu sendiri. Anda perlu menaikkan jumlah pakan setiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

tiap-tiap 5 -7 hari anda dapat merubah jumlah pakan dengan meningkatkan sekitar 50 – 70% dari jumlah pakan minggu sebelumnya. serta jangan lupa untuk minumnya, anda juga sajikan bersamaan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin serta Antibiotik
Vitamin serta antibiotik ini penting buat meningkatkan daya tahan badan mentok dan mempercepat pertumbuhan dan perubahan badan mentok. buat vitamin dan antibiotik, anda bisa membelinya di toko pertanian setempat.

Atau bila anda menghendaki antibiotik dan vitamin alami, jadi anda bisa membikinkan jus buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan seterusnya) serta air rebusan parutan jahe serta kunir (temulawak) yg lalu disaring. Pemberian antibiotik serta vitamin ini dilakukan lebih kurang 2 hari sekali dengan cara dicampur pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Terpenting untuk teratur membersihkan kandang supaya kebersihan dan kesehatan kandang terjaga. soal ini dapat menekan perkembangan virus bakteri patogen penyebab penyakit. membersihkan ikut perlengkapan budidaya yg anda pakai seperti wadah pakan, wadah minuman, dsb. Air pada kolam juga harus anda ganti paling lama 10 hari sekali.

sesudah dijalankan pembersihan karena itu anda dapat menyemprotkan desinfektan atau air detergen yang dapat membunuh virus serta bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan harus diselang-seling memanfaatkan bahan aktif yang tidak sama. umpama 3 kali sekali ditukar type desinfektannya biar virus tdk menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Biarpun mentok termasuk tahan penyakit, namun virus nyatanya bisa berevolusi dengan sangat kencang umpamanya virus flu burung yang mula-mula H5N1 dengan seiring waktu berevolusi berubah menjadi H5N5 sehingga hewan yg awalnya telah kebal harus siap-siap untuk bertahan dari serangan virus baru itu. yang dapat kita kerjakan adalah perbuatan pencegahan dan penyembuhan jika berlangsung tanda-tanda serangan penyakit.

sepatutnya unggas yang lain, entok ini pun mempunyai banyak jadwal penyekit, yg mana ada yang mematikan atau cuma sekedar mengganggu kesehatan dan perkembangan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dll.

Anda tidak dapat memandang rmeh sejumlah penyakit ini lantaran mampu mematikan mentok sehingga hasil panen mengalami penurunan. Mentok yang sangat riskan terserag penyakit adalah mentok muda, sebab ketahanan tubuhnya belum terbaik. Oleh sebab itu kasih tindakan mencegah dengan berikan multivitamin serta antibiotik secara teratur. Jaga pun kebersihan lingkungan kandang secara teratur. Jika dibutuhkan, maka anda bisa berikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

kalau diketemukan unggas yang sakit, maka anda harus selekasnya mengkarantinanya hingga penyakitnya tdk cepat menjangkiti mentok yang beda. Anda dapat memberikannya langkah penyembuhan memakai obat unggas yang diual di toko pertanian sesuai sama penyakit serta tanda-tanda yang ditimbulkan. Jika ternyata mentok tidak sukses diobati dan mati jadi segera kubur bangkainya. Anda juga harus lekas menyemprot ruangan kandang dan ruangan karantina memanfaatkan desinfektan.

11. Panen Mentok
Kalau anda mengikuti langkah diatas, maka entok bakal juga tumbuh dengan pesat sehingga dapat dipanen pada usia 4,5 bulan. Inilah umur bagus untuk memanen mentok sebab masihlah cukuplah muda karena itu dagingnya ikut nanti akan masih empuk dan enak.

kalau selalu dibiarkan sampai umur lebih dari 5 bulan, maka mentok udah siap kawin dan jadikan indukan seterusnya. Daging mentok ini lebih banyak dari pada daging ayam kampung hingga harga jual per ekornya semestinya semakin lebih mahal.

usahain supaya memisahkan bibit unggul untuk jadikan peranakan ialah yg memiliki ukuran badan terpilih buat dipisahkan dan kemudian dikawinkan biar memperoleh keturunan teratas.

12. Persiapan waktu Panen Mentok
Anda mesti segera bersihkan dan mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan setelah anda tuntas memanen mentok. bila anda membibit mentok dengan tetasan inkubator, jadi anda mesti lekas menginkubator telur baru pada waktu panen biar kelak waktu sudah menetas bisa lekas anda isi ke kandang kembali.

itu pedoman teknik budidaya mentok secara intens yang hrus anda mengerti sebelum mengawali upaya ternak mentok secara intens.

Setelah anda membaca trik budidaya mentok dengan cara intensif kami juga memberi panduan sukses budidaya mentok bagi anda yang ingin beternak mentok supaya akhirnya lebih optimal. Berikut adalah panduan suksesnya :

tetapkan telur (DOD) mentok yang datang dari mentok yg sehat dan bertubuh besar. Anda bisa lihat indukan serta pejantan yg mengawininya untuk memastikan bibit mentok yng dicapai
Peliharalah cuma mentok jantan yang punyai ukuran tubuh lebih besar daripada mentok betina. Anda dapat menyeleksinya ketika kecil atau berusia kira-kira sebulan
Pada usia kurang pada 2 – 3 bulan karena itu semestinya anda merotasi bahan pakan yang dipakai dan mengusahakan agar diperbanyak kandungan proteinnya karena waktu itu pertumbuhan berjalan sangat cepat.
Anda bisa memanfaatkan cacing tanah untuk paduan pakan. karenanya anda harus memahami terlebih dahulu cara budidaya cacing tanah

Buat mengirit cost pakan, karena itu anda bisa menanam sendiri sayuran yang gampang ditanam seperti kangkung dan bayam. Sebaiknya anda memahami lebih dahulu cara menanam bayam serta cara menanam kangkung.
Jual mentok ketika saat Hari Raya Idul Fitri biar mendapat harga yang sangat tinggi
demikian info perihal teknik budidaya mentok dengan cara mendalam dari kami. Kami berharap setelah anda membaca artikel petunjuk teknik budidaya mentok dengan sungguh-sungguh ini, jadi anda bisa membudidayakan mentok dengan maksimum sehingga mendapat untung besar. Anda mungkin saja tertarik untuk sadari teknik membudidayakan ikan nila dan cara membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Penjual Dod Entok Karawang




Penjual Dod Entok Karawang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air. Jual Anak Entok Kudus Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena i

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Jual Bibit Entok Gresik Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bi