Langsung ke konten utama

Bibit Entok Jawa Tengah

Bibit Entok Jawa Tengah


Bibit Entok Jawa Tengah - Hubungi CS kami Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Langkah Budidaya Mentok lewat cara sungguh-sungguh serta panduan
Trik budidaya mentok secara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak type unggas yg sering diternak dengan tradisionil serta belum juga dilaksanakan metode budidaya entok lewat cara sungguh-sungguh buat memperoleh hasil maksimal. Mentok ini sepintas mirip dengan itik (bebek) yaitu kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pun berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air.



Bibit Entok Jawa Tengah


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Bibit Entok Jawa Tengah

Bibit Entok Jawa Tengah


Jika bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yang sama, karena itu mentok bisa menghasilkan semakin banyak daging ketimbang bebek petelur maupun ayam kampung. Terlebih pada mentok jantan yang ukuran tubuhnya dapat menggapai sampai 3-4 kali ukuran tubuh mentok betina.

Kelebihan Budidaya Mentok dibanding dengan Unggas lainnya

Beternak mentok tentu bakal membuahkan hasil yang lebih maksimum kalau kita melakukan langkah budidaya mentok dengan cara sungguh-sungguh. kelebihan beternak entok diantaranya adalah :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok mempunyai Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok beraneka dan ringan Didapat
Tehnik Budidaya Lebih gampang
Harga Jual yang Tinggi

Di pedesaan, rata-rata petani menternak mentok lewat cara tradisionil serta belum dilakukan metode membudidayakan mentok lewat cara intensif hingga akhirnya juga belum juga optimal. Beternak mentok semestinya tidak serupa dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
tehnik Budidaya Mentok dengan cara intens
buat dapat dapatkan hasil terbaik dari beternak mentok, maka anda sebaiknya memahami cara budidaya mentok lewat cara sungguh-sungguh terlebih dulu.

1. Membuat Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum menyiapkan mentoknya, pasti kita mesti membuat kandang mentok terlebih dulu. Kandang mentok bisa anda bikin lewat cara panggung ataupun beralaskan tanah langsung. ketentuan kandang mentok yang baik :

miliki ventilasi udara yang bagus
dapatkan cukuplah sinar matahari sewaktu siang
Memiliki lampu penerangan sekaligus juga untuk penghangat
Terlindung dari hujan
gampang dibersihkan
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
waktu bikin kandang yang tidak panggung, maka buat supaya alas tanah di basic kandang tambah tinggi dari pada permukaan tanah di luar kandang. soal ini biar air hujan tidak menggenang atau masuk ke dalam kandang. Anda bisa membuat ventilasi di sekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. anda pun bia memberikannya dikit atap kaca (tembus cahaya) di sisi tengah atap agar cahaya matahari masuk dalam kandang waktu siang hari.

2. Menyediakan Kolam Pemandian buat Mentok
Binatang mentok ini amat suka mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dan lain-lain. Bagi anda yang mempunyai tempat didekat dengan perairan seperti yang dikatakan jadi anda tak perlu susah-susah bikin kolam.

Namun untuk yang jauh dari perairan karena itu anda bisa membikinkan kolam dekat dengan tempat kandang. metodenya ialah dengan menggali lubang dengan ukuran lebih kurang 2 x 1 meter dengan kedalaman 30-50 cm. kasih alas kolam dengan terpal atau plastik lantas isi dengan air.

Anda bisa pula membuat kolam yg lebih besar jika ingin menternak mentok dalam banyaknya semakin banyak. Kolamnya juga tidak mesti sama juga dengan kolam ikan seperti pada budidaya ikan lele.

3. Membuat Pagar Disekeliling Kandang
Arah pembuatan pagar di sekitar kandang ini yakni buat membantu pemantauan aktifitas mentok serta menghindar hilangnya mentok. bila anda membuat kolam sendiri didekat kandang, maka pagari pun kolam menjadi satu dengan kandang.

Ini bakal menghindar mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, serta dimangsa predator diluar kandang. pakai pagar kelambu atau waring (menyerupai kelambu).

4. Mensterilkan Kandang dan Kolam
Untuk mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda dapat menyemprot kandang dengan desinfektan. Sedangkan untuk mensterilkan kolam, anda bisa gunakan EM4 buat kolam lewat cara menyiram kolam dengan EM4. Ini dapat menghimpit laju perubahan bakteri patogen di air kolam.

5. Menyiapkan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok bisa anda dapatkan dari peternak mentok yg menjual bibit peranaakan mento atau juga bisa anda capai melalui cara penetasan sendiri. buat penetasannya, karena itu anda harus memperoleh banyak telur mentok dari peternak mentok buat kemudian ditetaskan dengan inkubator agar semua telur menetas bersamaan.

Setelah diperoleh peranakan mentok karena itu letakkan mentok dalam kandang namun dikumpulkan dulu di sekitar lampu peghangat serta dipagari dengan pembatas sesaat.

Terus beri pakan hingga berumur 3 – 5 DOD (day of duck) baru bisa dilepaskan keluar kandang buat berenang dikolam serta seputar kandang (masih dalam pagar kelambu). sesudah itu maka seterusnya anda mesti mengerjakan perawatan teratur pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Untuk pemberian pakan pada mentok ini, banyak tentu mesti ikuti pertambahan usia mentok. yang penting anda lihat yakni susunan pakannya.

supaya mentok cepat tumbuh besar, maka upayakan pakan yang ada beri kaya kandungan protein. Cara gampangnya adalah memakai pur (pelet). tetapi tentunya ini akan butuh banyak ongkos.

Anda masih bisa membuat pakan pilihan berikut ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
konstruksi :

Air (secukupnya)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
bekas sayuran / sisa buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (sesuai kebutuhan)

Teknik bikin Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan diatas (anda dapat memilih opsional bahan yg termudah anda peroleh).
Campur beberapa bahan di atas dalam wadah ember atau bak atau bila tambah besar anda dapat memakai terpal
Jangan lupa siram EM3 dan aduk rata buat menguraikan semua bahan di atas.
Tutup adonan ransum itu dengan rapat terus diamkan sekitar 2 minggu aar terurai prima
selesai 2 minggu jadi keluarkan adonan ransum dan jemur diterik siang hingga kering
saat ini ransum siap dimanfaatkan
langkah yang lain yaitu dengan pakan cepat saji yaitu campuran 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional yang lain), 15% bekas sayuran (opsional lainnya) serta 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air lalu beri pada mentok.

7. Takaran Dosis Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan dari awal sampai akhir panen anda konsisten memberi 3x sehari. buat ukuran kuantitas pakan yang dikasihkan, maka anda mengikuti umur mentok itu sendiri. Anda butuh menaikkan jumlah pakan tiap-tiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

Setiap 5 -7 hari anda bisa ganti jumlah pakan dengan meningkatkan kira-kira 50 – 70% dari banyaknya pakan minggu awal mulanya. Dan jangan lupa buat minumnya, anda pun sediakan bertepatan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin serta Antibiotik
Vitamin serta antibiotik ini penting untuk menaikkan daya tahan badan mentok dan memercepat perkembangan dan perkembangan badan mentok. Untuk vitamin dan antibiotik, anda dapat membelinya di toko pertanian setempat.

Atau jika anda menginginkan antibiotik dan vitamin alami, jadi anda bisa bikin juice buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan seterusnya) dan air rebusan parutan jahe dan kunir (temulawak) yg lantas disaring. Pemberian antibiotik serta vitamin ini dilaksanakan sekitar 2 hari sekali melalui langkah di gabung pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Utama untuk rutin membersihkan kandang supaya kebersihan serta kesehatan kandang terjaga. masalah ini dapat menekan perubahan virus bakteri patogen pemicu penyakit. membersihkan juga perabotan budidaya yang anda pakai seperti wadah pakan, wadah minuman, dll. Air pada kolam pun juga mesti anda rubah paling lama 10 hari sekali.

Setelah dikerjakan pembersihan karena itu anda bisa menyemprotkan desinfektan atau air detergen yang sanggup membunuh virus dan bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan mesti diselang-seling menggunakan bahan aktif yang berbeda. umpama 3 kali sekali ditukar model desinfektannya biar virus tidak berubah menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Biarpun mentok tergolong tahan penyakit, tapi virus nyatanya bisa berevolusi dengan cepat sekali semisalnya virus flu burung yg semula H5N1 dengan seiring bersamanya waktu berevolusi berubah menjadi H5N5 hingga hewan yang sebelumnya udah kebal mesti siap-siap untuk bertahan dari serangan virus baru tersebut . yg bisa kita kerjakan yaitu aksi pencegahan dan penyembuhan bila terjadi tanda-tanda serangan penyakit.

semestinya unggas lainnya, entok ini pun memiliki banyak lis penyekit, yg mana ada yg mematikan atau cuma sekedar mengganggu kesehatan serta pertumbuhan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dan seterusnya.

Anda tidak dapat memandang rmeh penyakit-penyakit ini lantaran sanggup mematikan mentok hingga hasil panen menurun. Mentok yg sangat rentan terserag penyakit yaitu mentok muda, sebab ketahanan tubuhnya belumlah maksimum. Oleh sebab itu kasih aksi pencegahan dengan berikan multivitamin dan antibiotik secara teratur. menjaga ikut kebersihan lingkungan kandang dengan teratur. kalau dibutuhkan, karena itu anda dapat memberikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

Jika diketemukan unggas yang sakit, maka anda harus lekas mengkarantinanya hingga penyakitnya tdk cepat menjangkiti mentok yang lainnya. Anda bisa berikan langkah pengobatan gunakan obat unggas yg diual di toko pertanian sesuai dengan penyakit dan gejala yg disebabkan. kalau ternyata mentok tidak sukses diobati serta mati jadi segera simpan bangkainya. Anda juga harus selekasnya menyemprot ruang kandang dan ruang karantina memakai desinfektan.

11. Panen Mentok
Bila anda mengikuti langkah di atas, jadi entok akan bakal tumbuh dengan cepat hingga bisa dipanen pada usia 4,5 bulan. ini dia umur ideal untuk memanen mentok lantaran tetap cukuplah muda maka dagingnya ikut kelak akan masihlah empuk dan enak.

Jika terus dilewatkan sampai umur lebih dari 5 bulan, jadi mentok telah siap kawin serta jadikan indukan seterusnya. Daging mentok ini semakin banyak daripada daging ayam kampung hingga harga jual per ekornya tentu semakin lebih mahal.

upayakan supaya memisahkan bibit unggul untuk dijadikan peranakan yakni yang mempunyai ukuran tubuh terbaik buat dipisahkan dan dikawinkan supaya mendapatkan keturunan favorit.

12. Persiapan Pasca Panen Mentok
Anda mesti lekas bersihkan serta mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan sesudah anda usai memanen mentok. kalau anda membibit mentok secara tetasan inkubator, maka anda harus lekas menginkubator telur baru pada waktu panen agar nanti saat udah menetas dapat selekasnya anda isi ke kandang lagi.

Itulah petunjuk metode budidaya mentok lewat cara mendalam yang hrus anda kenali sebelum mengawali usaha ternak mentok secara mendalam.

sesudah anda membaca metode budidaya mentok lewat cara intensif kami akan juga memberikan tips sukses budidaya mentok untuk anda yg ingin beternak mentok supaya hasilnya lebih maksimal. Berikut adalah teknik suksesnya :

Pilihlah telur (DOD) mentok yang datang dari mentok yang sehat serta bertubuh besar. Anda bisa menyaksikan indukan serta pejantan yang mengawininya untuk pastikan bibit mentok yng diperoleh
Peliharalah cuma mentok jantan yg mempunyai ukuran badan tambah besar dari pada mentok betina. Anda dapat menyeleksinya saat kecil atau berumur sekitar satu bulan
Pada usia kurang pada 2 – 3 bulan jadi seharusnya anda merotasi bahan pakan yang digunakan dan usahakan diperbanyak kandungan proteinnya karena waktu itu perkembangan terjadi sangat cepat.
Anda dapat memanfaatkan cacing tanah buat gabungan pakan. karena itu anda mesti memahami lebih dahulu metode budidaya cacing tanah

Untuk mengirit biaya pakan, jadi anda bisa menanam sendiri sayuran yang ringan ditanam seperti kangkung dan bayam. Sebaiknya anda mengerti lebih dahulu cara menanam bayam dan metode menanam kangkung.
Jual mentok pada waktu saat Hari Raya Idul Fitri biar mendapatkan harga yang sangat tinggi
Demikianlah kabar berkaitan metode budidaya mentok secara intens dari kami. Kami mengharap selesai anda membaca artikel petunjuk teknik budidaya mentok dengan cara intensif ini, karena itu anda dapat membudidayakan mentok dengan cara maksimal sehingga memperoleh untung besar. Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui metode membudidayakan ikan nila serta teknik membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Bibit Entok Jawa Tengah




Bibit Entok Jawa Tengah


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air. Jual Anak Entok Kudus Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena i

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Jual Bibit Entok Gresik Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bi

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Penjual Dod Entok Karawang Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu m