Langsung ke konten utama

Bibit Entok Majalengka

Bibit Entok Majalengka


Bibit Entok Majalengka - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Langkah Budidaya Mentok Secara sungguh-sungguh dan tehnik
Teknik budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang sering diternak dengan tradisional dan belum pula dijalankan metode budidaya entok secara intens untuk mendapat hasil maksimal. Mentok ini sekilas mirip dengan itik (bebek) yaitu nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini juga berselaput yg mengisyaratkan bahwa hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air.



Bibit Entok Majalengka


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Bibit Entok Majalengka

Bibit Entok Majalengka


Bila bebek rata-rata diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, jadi mentok bisa menghasilkan lebih banyak daging dibandingkan bebek petelur ataupun ayam kampung. Terlebih pada mentok jantan yg ukuran tubuhnya bisa capai sampai 3-4 kali ukuran badan mentok betina.

Kelebihan Budidaya Mentok dari pada Unggas lainnya

Beternak mentok semestinya akan membuahkan hasil yang lebih maksimum jika kita melakukan cara budidaya mentok secara mendalam. Keunggulan beternak entok antara lain yakni :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok Memiliki Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok bermacam dan gampang diperoleh
Tehnik Budidaya Lebih ringan
Harga Jual Yang Tinggi

Di pedesaan, biasanya petani menternak mentok dengan cara tradisionil serta belum dilakukan teknik membudidayakan mentok lewat cara intens hingga akhirnya lantas belum maksimal. Beternak mentok semestinya berlainan dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
tehnik Budidaya Mentok Secara intens
Untuk dapat dapatkan hasil optimal dari beternak mentok, jadi anda sebaiknya mengetahui teknik budidaya mentok lewat cara intens lebih dahulu.

1. Bikin Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum menyiapkan mentoknya, semestinya kita mesti bikin kandang mentok terlebih dulu. Kandang mentok dapat anda buat secara panggung maupun beralaskan tanah langsung. prasyarat kandang mentok yg baik :

punyai ventilasi hawa yang bagus
mendapat cukuplah sinar matahari ketika siang
punyai lampu penerangan sekaligus juga buat penghangat
Terlindung dari hujan
simpel dibikin bersih
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
kala membuat kandang yg tdk panggung, karena itu buat biar alas tanah di dasar kandang lebih tinggi daripada permukaan tanah diluar kandang. masalah ini agar air hujan tidak menggenang atau masuk ke dalam kandang. Anda bisa bikin ventilasi disekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. anda pun bia memberikan sedikit atap kaca (tembus cahaya) pada bagian tengah atap biar cahaya matahari masuk kedalam kandang kala siang hari.

2. Menyediakan Kolam Pemandian Untuk Mentok
Binatang mentok ini amat sukai mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dan seterusnya. Bagi anda yang miliki tempat didekat dengan perairan seperti yg di sebutkan maka anda tidak usah susah-susah bikin kolam.

akan tetapi untuk yang jauh dari perairan karena itu anda bisa bikin kolam dekat dengan tempat kandang. metodenya ialah dengan menggali lubang dengan ukuran lebih kurang 2 x 1 mtr. dengan kedalaman 30-50 cm. berikan alas kolam dengan terpal atau plastik terus isi dengan air.

Anda juga dapat membuat kolam yg tambah besar apabila mau menternak mentok dalam jumlah lebih banyak. Kolamnya pun tidak mesti sama seperti kolam ikan seperti pada budidaya ikan lele.

3. Membuat Pagar di sekeliling Kandang
Maksud pembuatan pagar di sekeliling kandang ini ialah untuk mempermudah pemantauan aktifitas mentok serta menahan hilangnya mentok. apabila anda membuat kolam sendiri didekat kandang, karena itu pagari juga kolam berubah menjadi satu dengan kandang.

Ini akan menghindar mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, dan dimangsa predator diluar kandang. Gunakan pagar kelambu atau waring (serupa kelambu).

4. Mensterilkan Kandang dan Kolam
Untuk mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda dapat menyemprot kandang dengan desinfektan. dan untuk mensterilkan kolam, anda bisa memanfaatkan EM4 untuk kolam lewat cara menyiram kolam dengan EM4. Ini akan menghimpit laju perkembangan bakteri patogen dalam air kolam.

5. mempersiapkan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok bisa anda capai dari peternak mentok yg jual bibit peranaakan mento atau juga bisa anda peroleh secara penetasan sendiri. Untuk penetasannya, jadi anda mesti mendapat banyak telur mentok dari peternak mentok untuk lalu ditetaskan dengan inkubator biar semua telur menetas bersamaan.

sehabis didapat peranakan mentok karena itu tempatkan mentok dalam kandang akan tetapi disatukan dulu di sekitar lampu peghangat dan dipagari dengan pembatas sementara.

senantiasa kasih pakan sampai berumur 3 – 5 DOD (day of duck) baru dapat dilepaskan keluar kandang untuk berenang dikolam dan seputar kandang (tetap dalam pagar kelambu). Setelah itu karena itu setelah itu anda harus mengerjakan perawatan rutin pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Untuk pemberian pakan pada mentok ini, banyak pasti mesti mengikuti bertambahnya usia mentok. yang wajib anda lihat yaitu komposisi pakannya.

biar mentok cepat tumbuh besar, karena itu usahakan pakan yang ada beri kaya akan kandungan protein. langkah gampangnya yakni memanfaatkan pur (pelet). tapi tentu saja ini dapat butuh banyak cost.

Anda masih dapat membuat pakan pilihan dibawah ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
Komposisi :

Air (seperlunya)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
bekas sayuran / sisa buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (seperlunya)

Cara membuat Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan diatas (anda dapat pilih opsional bahan yang termudah anda dapatkan).
Campur bahan-bahan diatas dalam wadah ember atau bak atau apabila lebih besar anda bisa memakai terpal
janganlah lupa siram EM3 serta aduk rata untuk menguraikan semua bahan di atas.
Tutup adonan ransum itu dengan rapat lantas diamkan kira-kira 2 minggu aar terurai prima
sehabis 2 minggu maka mengeluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang sampai kering
saat ini ransum siap digunakan
cara yang lain adalah dengan pakan cepat saji ialah campuran 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional lainnya), 15% bekas sayuran (opsional yang lain) dan 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air lantas berikan pada mentok.

7. Takaran Dosis Pemberian Pakan
Buat pemberian pakan dari awal sampai akhir panen anda masih memberikan 3x sehari. buat takaran kuantitas pakan yg dikasihkan, karena itu anda mengikuti umur mentok tersebut. Anda butuh menaikkan porsi pakan tiap-tiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

tiap-tiap 5 -7 hari anda dapat merubah jumlah pakan dengan menaikkan sekitar 50 – 70% dari jumlah pakan minggu awal kalinya. serta ingat buat minumnya, anda pun siapkan berbarengan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin dan Antibiotik
Vitamin dan antibiotik ini terpenting buat menambah daya tahan tubuh mentok serta mempercepat perkembangan serta perubahan tubuh mentok. buat vitamin dan antibiotik, anda dapat membelinya di toko pertanian setempat.

Atau kalau anda inginkan antibiotik serta vitamin alami, jadi anda bisa membuatkan juice buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan lain-lain) serta air rebusan parutan jahe serta kunir (temulawak) yang kemudian disaring. Pemberian antibiotik dan vitamin ini dijalankan kurang lebih 2 hari sekali melalui cara di campur pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Terpenting untuk rutin bersihkan kandang supaya kebersihan serta kesehatan kandang terbangun. Hal ini akan menekan perubahan virus bakteri patogen penyebab penyakit. Bersihkan pun perabotan budidaya yg anda gunakan seperti wadah pakan, wadah minuman, dan seterusnya. Air pada kolam pun juga mesti anda ubah sangat lama 10 hari sekali.

selesai dilakukan pembersihan karena itu anda bisa menyemprotkan desinfektan atau air detergen yang dapat membunuh virus serta bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan harus diselang-seling gunakan bahan aktif yang berlainan. Misal 3 kali sekali ditukar tipe desinfektannya biar virus tak jadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Walaupun mentok termasuk tahan penyakit, tetapi virus ternyata mampu berevolusi dengan sangat kencang misalnya virus flu burung yg mula-mula H5N1 dengan seiring berjalan waktu berevolusi jadi H5N5 hingga hewan yang mula-mula telah kebal mesti bersiap buat bertahan dari serangan virus baru tersebut . yg bisa kita melakukan adalah tindakan pencegahan serta pengobatan jika berlangsung gejala serangan penyakit.

semestinya unggas lainnya, entok ini juga miliki banyak lis penyekit, yang manakah ada yang mematikan atau cuma sekedar mengganggu kesehatan serta pertumbuhan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dan sebagainya.

Anda tidak dapat menganggap rmeh sejumlah penyakit ini karena dapat mematikan mentok sehingga hasil panen alami penurunan. Mentok yang paling rentan terserag penyakit yakni mentok muda, karena ketahanan tubuhnya belum juga maksimal. Oleh karena itu berikan tindakan mencegahan dengan memberi multivitamin dan antibiotik secara teratur. jagalah ikut kebersihan lingkungan kandang secara teratur. Jika diperlukan, jadi anda bisa berikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

bila diketemukan unggas yg sakit, karena itu anda mesti segera mengkarantinanya hingga penyakitnya tidak lekas menjangkiti mentok yang lain. Anda bisa memberi langkah pengobatan gunakan obat unggas yang diual di toko pertanian sama dengan penyakit serta gejala yang disebabkan. bila ternyata mentok gagal diobati dan mati karena itu lekas kubur bangkainya. Anda juga harus lekas menyemprot ruang kandang serta ruang karantina menggunakan desinfektan.

11. Panen Mentok
Bila anda ikuti langkah diatas, maka entok akan bakal tumbuh dengan cepat sehingga dapat dipanen pada usia 4,5 bulan. berikut ini usia ideal untuk memanen mentok lantaran tetap cukup muda karena itu dagingnya ikut nanti akan tetap empuk dan enak.

apabila senantiasa dibiarkan sampai umur lebih dari 5 bulan, maka mentok sudah siap kawin dan jadikan indukan seterusnya. Daging mentok ini tambah banyak dari daging ayam kampung hingga harga jual per ekornya semestinya semakin lebih mahal.

upayakan supaya memisahkan bibit unggul buat dijadikan peranakan yaitu yg memiliki ukuran badan terpilih untuk dipisahkan dan selanjutnya dikawinkan biar dapatkan keturunan favorit.

12. Persiapan saat Panen Mentok
Anda harus segera bersihkan dan mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan selesai anda tuntas memanen mentok. Jika anda membibit mentok secara tetasan inkubator, maka anda harus selekasnya menginkubator telur baru pada waktu panen agar kelak saat sudah menetas dapat segera anda isi ke kandang lagi.

tersebut tips metode budidaya mentok dengan intens yang hrus anda kenali sebelum memulai usaha ternak mentok secara intens.

sehabis anda membaca cara budidaya mentok secara intensif kami akan juga memberikannya panduan sukses budidaya mentok untuk anda yang ingin beternak mentok agar akhirnya lebih maksimal. Berikut adalah panduan suksesnya :

Pilihlah telur (DOD) mentok yang datang dari mentok yang sehat serta bertubuh besar. Anda bisa melihat indukan serta pejantan yang mengawininya untuk menegaskan bibit mentok yng diperoleh
Peliharalah cuma mentok jantan yang memiliki ukuran badan lebih besar dibandingkan dengan mentok betina. Anda dapat menyeleksinya ketika kecil atau berusia kira-kira sebulan
Pada usia kurang pada 2 – 3 bulan jadi semestinya anda merotasi bahan pakan yg digunakan serta mengupayakan agar diperbanyak kandungan proteinnya lantaran kala itu pertumbuhan terjadi cepat sekali.
Anda dapat memanfaatkan cacing tanah untuk campuran pakan. oleh karena itu anda mesti memahami terlebih dulu langkah budidaya cacing tanah

Untuk mengirit biaya pakan, maka anda dapat menanam sendiri sayuran yang simpel ditanam seperti kangkung serta bayam. anda seharusnya mendalami lebih dahulu teknik menanam bayam serta trik menanam kangkung.
Jual mentok pada waktu mendekati Hari Raya Idul Fitri supaya memperoleh harga yang sangat tinggi
demikian info perihal cara budidaya mentok secara intens dari kami. Kami mengharap selesai anda membaca artikel pedoman teknik budidaya mentok secara intensif ini, jadi anda bisa membudidayakan mentok lewat cara maksimum hingga mendapat untung besar. Anda mungkin saja tertarik untuk paham teknik membudidayakan ikan nila serta langkah membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Bibit Entok Majalengka




Bibit Entok Majalengka


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air. Jual Anak Entok Kudus Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena i

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Jual Bibit Entok Gresik Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bi

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Penjual Dod Entok Karawang Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu m