Langsung ke konten utama

Foto Bibit Entok

Foto Bibit Entok


Foto Bibit Entok - Hubungi kami dengan Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Teknik Budidaya Mentok dengan cara mendalam dan panduan
Langkah budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yang kerap diternak dengan tradisional dan belum pula dikerjakan langkah budidaya entok dengan intensif buat memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas mirip dengan itik (bebek) yaitu tampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pun berselaput yg berarti jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air.



Foto Bibit Entok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124
q

Foto Bibit Entok

Foto Bibit Entok


Bila bebek umumnya diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, maka mentok bisa menghasilkan lebih banyak daging dibanding bebek petelur maupun ayam kampung. Terlebih pada mentok jantan yang ukuran tubuhnya bisa capai hingga 3-4 kali ukuran badan mentok betina.

Kelebihan Budidaya Mentok daripada Unggas berbeda

Beternak mentok semestinya dapat membuahkan hasil yg lebih terbaik jika kita lakukan cara budidaya mentok dengan cara sungguh-sungguh. Keunggulan beternak entok salah satunya yakni :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok mempunyai Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok beraneka serta simpel diperoleh
Tehnik Budidaya Lebih ringan
Harga Jual yang Tinggi

Di pedesaan, kebanyakan petani menternak mentok secara tradisionil dan belum dikerjakan langkah membudidayakan mentok dengan cara mendalam sehingga akhirnya juga belum pula maksimum. Beternak mentok semestinya tidak sama dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
Teknik Budidaya Mentok Secara intens
untuk bisa dapatkan hasil maksimal dari beternak mentok, karena itu semestinya anda mengetahui teknik budidaya mentok dengan intens terlebih dahulu.

1. Bikin Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum menyediakan mentoknya, semestinya kita mesti membuat kandang mentok terlebih dahulu. Kandang mentok dapat anda bikin dengan panggung atau beralaskan tanah langsung. prasyarat kandang mentok yg baik :

Memiliki ventilasi udara yang bagus
memperoleh cukuplah cahaya matahari saat siang
miliki lampu penerangan sekaligus juga untuk penghangat
Terlindung dari hujan
ringan dibuat bersih
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
waktu membuat kandang yg tidak panggung, karena itu bikinlah supaya alas tanah di basic kandang tambah tinggi dari pada permukaan tanah di luar kandang. perihal ini agar air hujan tidak menggenang atau masuk kedalam kandang. Anda bisa membuat ventilasi di sekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. Anda juga bia memberi sedikit atap kaca (tembus cahaya) pada sisi tengah atap biar sinar matahari masuk dalam kandang waktu siang hari.

2. Menyiapkan Kolam Pemandian Untuk Mentok
Binatang mentok ini sangat senang mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dan seterusnya. Bagi anda yg mempunyai lokasi didekat dengan perairan seperti yang disebutkan jadi anda tak usah susah-susah membuat kolam.

Namun untuk yang jauh dari perairan maka anda bisa membuat kolam dekat dengan tempat kandang. triknya ialah dengan menggali lubang dengan ukuran sekitar 2 x 1 meter dengan kedalaman 30-50 cm. berikan alas kolam dengan terpal atau plastik terus isi dengan air.

Anda juga bisa membuat kolam yang tambah besar apabila hendak menternak mentok dalam jumlahnya tambah banyak. Kolamnya tidak juga harus sama dengan kolam ikan sebagaimana pada budidaya ikan lele.

3. Bikin Pagar di sekitar Kandang
Tujuan pembuatan pagar disekeliling kandang ini adalah untuk membantu pemantauan aktifitas mentok serta menahan hilangnya mentok. Jika anda bikin kolam sendiri didekat kandang, karena itu pagari ikut kolam jadi satu dengan kandang.

Ini dapat menghindar mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, serta dimangsa predator diluar kandang. pakai pagar kelambu atau waring (serupa kelambu).

4. Mensterilkan Kandang serta Kolam
Untuk mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda dapat menyemprot kandang dengan desinfektan. dan untuk mensterilkan kolam, anda dapat memanfaatkan EM4 untuk kolam dengan cara menyiram kolam dengan EM4. Ini akan menekan laju perubahan bakteri patogen dalam air kolam.

5. menyediakan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok dapat anda raih dari peternak mentok yg jual bibit peranaakan mento atau dapat juga anda raih dengan cara penetasan sendiri. Untuk penetasannya, maka anda harus mendapatkan banyak telur mentok dari peternak mentok untuk lantas ditetaskan dengan inkubator biar semua telur menetas berbarengan.

sesudah diterima peranakan mentok karena itu tempatkan mentok dalam kandang namun disatukan dahulu disekitar lampu peghangat serta dipagari dengan pembatas sementara.

selalu kasih pakan hingga berumur 3 – 5 DOD (day of duck) baru dapat dilepaskan keluar kandang buat berenang dikolam dan seputar kandang (terus dalam pagar kelambu). Setelah itu maka sesudah itu anda harus lakukan perawatan teratur pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Buat pemberian pakan pada mentok ini, jumlah semestinya mesti mengikuti bertambahnya usia mentok. yang wajib anda lihat yaitu komposisi pakannya.

biar mentok cepat tumbuh besar, maka usahain pakan yg ada berikan kaya akan kandungan protein. Cara gampangnya yaitu memanfaatkan pur (pelet). Namun pastinya ini akan membutuhkan banyak biaya.

Anda tetap bisa membuat pakan alternatif dibawah ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
formasi :

Air (sesuai kebutuhan)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
Sisa sayuran / bekas buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (sesuai kebutuhan)

Langkah membuat Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan di atas (anda dapat menentukan opsional bahan yang termudah anda capai).
Campur bahan-bahan di atas dalam wadah ember atau bak atau apabila lebih besar anda dapat gunakan terpal
janganlah lupa siram EM3 dan aduk sama rata buat menguraikan semua bahan diatas.
Tutup adonan ransum itu dengan rapat lantas diamkan seputar 2 minggu aar terurai sempurna
sehabis 2 minggu maka keluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang sampai kering
sekarang ransum siap diperlukan
Metode yang lain yaitu dengan pakan cepat saji ialah paduan 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional yang lain), 15% bekas sayuran (opsional lainnya) dan 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air lalu berikan pada mentok.

7. Takaran Dosis Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan dari mula hingga akhir panen anda tetap memberikannya 3x satu hari. Untuk ukuran kuantitas pakan yang diberikan, karena itu anda mengikuti umur mentok tersebut. Anda perlu meningkatkan jumlah pakan tiap-tiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

Setiap 5 -7 hari anda bisa ganti kuantitas pakan dengan meningkatkan kira-kira 50 – 70% dari jumlahnya pakan minggu awal mulanya. serta ingat untuk minumnya, anda pun siapkan bersamaan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin serta Antibiotik
Vitamin dan antibiotik ini penting buat tingkatkan daya tahan tubuh mentok dan mepercepat perkembangan dan perubahan badan mentok. untuk vitamin dan antibiotik, anda bisa membelinya di toko pertanian setempat.

Atau bila anda menginginkan antibiotik dan vitamin alami, maka anda bisa membuat jus buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan sebagainya) serta air rebusan parutan jahe serta kunir (temulawak) yg lantas disaring. Pemberian antibiotik serta vitamin ini dijalankan lebih kurang 2 hari sekali melalui cara dicampur pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Khusus untuk teratur bersihkan kandang supaya kebersihan serta kesehatan kandang terbangun. Hal ini dapat mendesak perubahan virus bakteri patogen pemicu penyakit. membersihkan ikut perabotan budidaya yg anda pakai seperti wadah pakan, wadah minuman, dan sebagainya. Air pada kolam pun juga harus anda ubah sangat lama 10 hari sekali.

sehabis dilaksanakan pembersihan maka anda dapat menyemprotkan desinfektan atau air detergen yang dapat membunuh virus dan bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan harus diselang-seling memakai bahan aktif yang tidak serupa. umpama 3 kali sekali diganti tipe desinfektannya biar virus tidak berubah menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Biarpun mentok tergolong tahan penyakit, tapi virus ternyata sanggup berevolusi dengan sangat cepat contohnya virus flu burung yang awalnya H5N1 dengan seiring berjalan waktu berevolusi jadi H5N5 hingga hewan yg mula-mula telah kebal mesti bersiap buat bertahan dari serangan virus baru tersebut . Yang dapat kita lakukan yakni aksi pencegahan dan pengobatan bila berlangsung tanda-tanda serangan penyakit.

mestinya unggas yang lain, entok ini juga mempunyai banyak lis penyekit, yang mana ada yang mematikan atau hanya mengganggu kesehatan dan perkembangan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dan seterusnya.

Anda tidak bisa menganggap rmeh penyakit-penyakit ini lantaran mampu mematikan mentok sehingga hasil panen alami penurunan. Mentok yg paling riskan terserag penyakit adalah mentok muda, karena daya tahan tubuhnya belumlah maksimal. Oleh karena itu beri aksi mencegahan dengan berikan multivitamin serta antibiotik dengan teratur. Jaga pun kebersihan lingkungan kandang dengan teratur. apabila dibutuhkan, jadi anda bisa memberikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

bila ditemukan unggas yg sakit, maka anda mesti lekas mengkarantinanya hingga penyakitnya tidak lekas menjangkiti mentok yang beda. Anda dapat memberikan langkah pengobatan memanfaatkan obat unggas yang diual di toko pertanian sesuai dengan penyakit serta tanda-tanda yang ditimbulkan. apabila nyata-nyatanya mentok tidak sukses diobati serta mati maka selekasnya kubur bangkainya. Anda mesti segera menyemprot area kandang serta ruangan karantina memanfaatkan desinfektan.

11. Panen Mentok
Bila anda mengikuti langkah diatas, karena itu entok juga bakal tumbuh dengan cepat sehingga bisa dipanen pada usia 4,5 bulan. berikut ini usia ideal untuk memanen mentok lantaran tetap cukuplah muda karena itu dagingnya ikut kelak dapat tetap empuk serta enak.

apabila terus dibiarkan sampai umur lebih dari 5 bulan, maka mentok telah siap kawin dan jadikan indukan selanjutnya. Daging mentok ini lebih banyak ketimbang daging ayam kampung sehingga harga jual per ekornya tentu akan tambah mahal.

usahain agar memisahkan bibit unggul buat jadikan peranakan yakni yg mempunyai ukuran badan terunggul untuk dipisahkan dan kemudian dikawinkan supaya mendapatkan keturunan favorit.

12. Persiapan saat Panen Mentok
Anda harus selekasnya membersihkan serta mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan sehabis anda selesai memanen mentok. Jika anda membibit mentok secara tetasan inkubator, jadi anda mesti lekas menginkubator telur baru pada waktu panen biar kelak saat sudah menetas bisa lekas anda isi ke kandang lagi.

itu tips trik budidaya mentok lewat cara mendalam yang hrus anda pahami sebelum mengawali usaha ternak mentok dengan cara mendalam.

Setelah anda membaca langkah budidaya mentok lewat cara intensif kami juga berikan panduan sukses budidaya mentok untuk anda yang pingin beternak mentok agar akhirnya lebih optimal. tersebut disini tips keberhasilan :

putuskan telur (DOD) mentok yg datang dari mentok yg sehat serta bertubuh besar. Anda dapat memandang indukan serta pejantan yang mengawininya untuk memastikan bibit mentok yng didapat
Peliharalah hanya mentok jantan yg memiliki ukuran badan semakin besar dibandingkan dengan mentok betina. Anda bisa menyeleksinya saat kecil atau berumur kurang lebih 1 bulan
Pada usia kurang antara 2 – 3 bulan karena itu seharusnya anda merotasi bahan pakan yang dipakai dan usahakan diperbanyak kandungan proteinnya sebab saat itu perkembangan berlangsung sangat cepat.
Anda bisa memakai cacing tanah buat campuran pakan. Untuk itu anda harus mendalami terlebih dahulu cara budidaya cacing tanah

Untuk mengirit cost pakan, maka anda bisa menanam sendiri sayuran yang simpel ditanam seperti kangkung serta bayam. Sebaiknya anda mengerti lebih dahulu cara menanam bayam dan langkah menanam kangkung.
Jual mentok pada waktu saat Hari Raya Idul Fitri biar mendapat harga yang tinggi sekali
Demikianlah kabar berkaitan teknik budidaya mentok secara intensif dari kami. Kami mengharapkan setelah anda membaca artikel panduan teknik budidaya mentok lewat cara intensif ini, karena itu anda bisa membudidayakan mentok dengan cara maksimal hingga mendapatkan untung besar. Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui metode membudidayakan ikan nila serta teknik membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.
Foto Bibit Entok




Foto Bibit Entok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085290543124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Anak Entok Kudus

Jual Anak Entok Kudus - Informasi Lebih lanjut Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Cara Budidaya Mentok dengan mendalam serta panduan Langkah budidaya mentok secara intensifBinatang mentok merupakan hewan ternak tipe unggas yang kerap diternak secara tradisionil serta belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk mendapatkan hasil maksimum. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni kelihatan dari bentuk paruhnya yg sama- sama bersifat cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang berarti kalau hewan ini berhabitat asli daerah yg dekat dengan air. Jual Anak Entok Kudus Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek rata-rata diternak untuk diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang lewat cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, karena i

Jual Bibit Entok Gresik

Jual Bibit Entok Gresik - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Metode Budidaya Mentok Secara Intensif serta tehnik Trik budidaya mentok dengan cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak jenis unggas yg sering diternak dengan tradisionil dan belumlah dilakukan trik budidaya entok dengan cara intensif untuk memperoleh hasil optimal. Mentok ini sekilas serupa dengan itik (bebek) yakni nampak dari bentuk paruhnya yg sama- sama berbentuk cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang mengisyaratkan jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Jual Bibit Entok Gresik Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Kalau bebek umumnya diternak buat diambil telurnya, karena itu mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang dengan cara ukuran tubuhnya, pada usia yang sama, maka mentok bi

Penjual Dod Entok Karawang

Penjual Dod Entok Karawang - Butuh Info? Telp 085290543124 Jual Bibit Entok Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat. Trik Budidaya Mentok lewat cara intens dan Tips Teknik budidaya mentok lewat cara intensifBinatang mentok adalah hewan ternak model unggas yg sering diternak secara tradisionil dan belum juga dilakukan teknik budidaya entok dengan cara sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil terbaik. Mentok ini sesaat menyerupai dengan itik (bebek) yakni terlihat dari bentuk paruhnya yang sama- sama berupa cocor. bentuk cakar kaki dari entok ini pula berselaput yang pertanda jika hewan ini berhabitat asli daerah yang dekat dengan air. Penjual Dod Entok Karawang Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur 085290543124 q Apabila bebek biasanya diternak buat diambil telurnya, maka mentok ini diternak untuk diambil dagingnya. Memang secara ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, karena itu m